Permasalahan Ekonomi Kerakyatan dan Faktor Penyebabnya


MAKALAH
EKONOMI KERAKYATAN
Permasalahan Ekonomi Kerakyatan dan Faktor Penyebabnya
Disusun untuk memenuhi tugas ekonomi kerakyatan
Dosen Pengampu : Endang Mulyani, M.Si

Disusun oleh :
1.      SITI SULISTYAWATI                                 11409134001
2.      FENDI HUDAYA                                         11409134003
3.     TAUFIK TRI APRIYANTO                         11409134004

PROGRAM STUDI AKUNTANSI D3
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
TAHUN 2011

BAB 1 PEMBAHASAN

A.    Pengertian Sistem Ekonomi
1.      Sistem Ekonomi Kerakyatan adalah Sistem Ekonomi Nasional Indonesia yang berasas kekeluargaan, berkedaulatan rakyat, bermoral Pancasila, dan menunjukkan pemihakan sungguh-sungguh pada ekonomi rakyat.
2.      Ekonomi kerakyatan (Demokrasi ekonomi) adalah sistem ekonomi nasional yang disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan, di mana produksi dikerjakan oleh semua, untuk semua, di bawah pimpinan atau penilikan anggota-anggota masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat (rakyat) dalam mengendalikan jalannya roda perekonomian (Baswir, 1993).
3.      Ekonomi kerakyatan adalah tatalaksana ekonomi yang bersifat kerakyatan yaitu penyelenggaraan ekonomi yang memberi dampak kepada kesejahteraan rakyat kecil dan kemajuan ekonomi rakyat, yaitu keseluruhan aktivitas perekonomian yang dilakukan oleh rakyat kecil.
B.     Permasalahan Yang Dihadapi Dalam Penerapan Ekonomi Kerakyatan
1.      Sumber daya manusia ( SDM )
a)      Pengertian
Pengertian SDM secara makro adalah semua manusia sebagai penduduk atau warga negara suatu negara atau dalam batas wilayah tertentu yang sudah memasuki usia angkatan kerja, baik yang sudah maupun belum memperoleh pekerjaan (lapangan kerja).
SDM dalam arti mikro secara sederhana adalah manusia atau orang yang bekerja atau menjadi anggota suatu organisasi yang disebut personil, pegawai, karyawan, pekerja, tenaga kerja dll.
2.      Tingkat Teknologi dan Inovasi
Dalam masalah ini negara berkembang memiliki potensi yang menguntungkan karena bisa mencontoh dari negara yang maju yang memiliki tingkat teknologi dan inovasi. Namun dengan syarat terdapat sumber daya manusia yang berkualitas.
Telah dipahami bahwa terdapat empat faktor yang menjadi pilar pembangunan ekonomi namun itu semua masih belum merupakan jawaban bahwa negara tersebut akan berkembang cepat dan inilah komponen yang bisa dijadikan acuan dalam pembangunan suatu Negara.
3.      Modal
Suatu Negara biasanya akan menyisihkan pendapatan negara dari berbagai sektor yang akan digunakan sebagai investasi modal yang digunakan utuk proyek-proyek pembangunan ekonomi. Sebagai Negara berkembang masih menyisakan masalah yaitu masih terlalu kesilnya investasi modal karena tingkat konsumsi yang tidak berimbang dalam masyarakat.
Di Negara maju sekitar 15% sampai 25% pendapatan disisihkan untuk akumulasi modal.namun bagi Negara miskin hanya sekitar 5% saja yang dapat disisikan sebagai modal. Jadi sekarang apakah Indonesia mampu menyisikan pendapatan negaranya sekitar 10% ?. jawaban atas hal tersebut rasanya bukan tidak mungkin karena perekonomian Indonesia sedang dalam track record terbaiknya.

4.      Pasar Bebas
Pasar bebas merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Pasar Modal menyediakan berbagai alternatif bagi para investor selain alternatif investasi lainnya, seperti: menabung di bank, membeli emas, asuransi, tanah dan bangunan, dan sebagainya. Pasar bebas bertindak sebagai penghubung. Pasar bebas bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan ataupun institusi pemerintah melalui perdagangan instrumen melalui jangka panjang seperti obligasi, saham, dan lainnya. Berlangsungnya fungsi pasar modal (Bruce Lliyd, 1976), adalah meningkatkan dan menghubungkan aliran dana jangka panjang dengan "kriteria pasarnya" secara efisien yang akan menunjang pertumbuhan riil ekonomi secara keseluruhan.

C.    Faktor yang Menyebabkan Penerapan Ekonomi Kerakyatan Belum Maksimal
1.       Sumber daya manusia ( SDM )
Faktor penyebab SDM dalam penerapan ekonomi kerakyatan belum maksimal, yaitu :
a.       Pendidikan rendah
Pendidikan merupakan suatu hak bagi setiap warga negara yang tidak memandang suku, ras, golongan. Tapi fakta di lapangan masih banyak saudara-saudara kita yang tidak bisa mengenyam pendidikan sebagaimana mestinya. Terlihat jelas golongan kaya dan miskin, yang kaya semakin kaya dan sebaliknya yang miskin semakin miskin. Kalau seperti itu terus adanya dan tidak ada perkembangan maka semuanya akan di kuasai orang yang punya modal. Bangsa tidak akan maju. Sosok pertama kesuksesan adalah pendidikan, jika kita tidak punya pendidikan yang cukup maka sangat mudah untuk dibohongi orang.
Pemerintah sebenarnya menyediakan bantuan bagi para siswa yang tidak mampu untuk bisa bersekolah dan merasakan pendidikan di sekolah. Bantuan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, harusnya mereka lebih giat belajar dan tidak malas-malasan karena ini bisa menjadi dasar untuk merubah hidup mereka menjadi lebih baik lagi. Pengangguran dan kemiskinan bisa diberantas.
Memang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan namun dengan usaha semua keadaan seperti ini akan bisa di minimalisir. Akibat pengangguran dan kemiskinan tidaklah hanya karena faktor pendidikan namun juga kemalasan yang mendangkal pada diri mereka. Faktanya banyak juga para sarjana yang masih mengaggur karena mereka malas dan mudah putus asa dalam mencari pekerjaan.
Masih banyak masalah pendidikan yang harus diselesaikan agar bangsa ini tidak dipandang sebagai bangsa terbodoh di dunia. Semua ini tidak hanya beban pemerintah namun juga kita sebagai anak muda bangsa yang harus menjunjung tinggi pendidikan yang menjadi hak semua warga negara.
b.      Kesejahteraan rendah
Kesejahteraan rendah karena tidak seimbangnya tingkat pendapatan dengan kebutuhan. Karena ketersediaan lapangan kerja yang terbatas dan jumlah penduduk yang terus bertambah maka akan semakin banyaknya pengangguran.
Jika pengeluaran lebih besar daripada penghasilan maka kesejahteraan masyarakat dapat dikatkan masih rendah.
Masalah Kesehatan dan Gizi Buruk pada anak anak
Masalah gizi buruk ini juga masih banyak dijumpai di kalangan masyarakat kecil dan kurang mampu. Dimana anak-anak tersebut hidup kurang beruntung karena hanya mendapat asupan gizi yang kurang memadai. Masalah ini juga berhubungan dengan penghasilan, kemiskinan, dll.

c.       Kurangnya penguasaan IPTEK
Rendahnya SDM Indonesia diakibatkan kurangnya penguasaan IPTEK, karena sikap mental dan penguasaan IPTEK yang dapat menjadi subyek atau pelaku pembangunan yang handal. Dalam kerangka globalisasi, penyiapan pendidikan perlu juga disinergikan dengan tuntutan kompetisi. Oleh karena itu dimensi daya saing dalam SDM semakin menjadi faktor penting sehingga upaya memacu kualitas SDM melalui pendidikan merupakan tuntutan yang harus dikedepankan. Salah satu problem struktural yang dihadapi dalam dunia pendidikan adalah bahwa pendidikan merupakan subordinasi dari pembangunan ekonomi. Pada era sebelum reformasi pembangunan dengan pendekatan fisik begitu dominan. Hal ini sejalan dengan kuatnya orientasi pertumbuhan ekonomi.
Pengaruh IPTEK terhadap peningkatan SDM Indonesia khususnya dalam persaingan global dewasa ini meliputi berbagai aspek dan merubah segenap tatanan masyarakat. Aspek-aspek yang dipengaruhi, adalah sebagai berikut :
1. Dampak yang ditimbulkan oleh teknologi dalam era globalisasi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi, sangat luas. Teknologi ini dapat menghilangkan batas geografis pada tingkat negara maupun dunia.
2. Aspek Ekonomi.
Dengan adanya IPTEK, maka SDM Indonesia akan semakin meningkat dengan pengetahuan-pengetahuan dari teknologi tersebut. Dengan kemajuan SDM ini, tentunya secara tidak langsung akan mempengaruhi peningkatan ekonomi di Indonesia. Berkaitan dengan pasar global dwasa ini, tidaklah mungkin jika suatu negara dengan tingkat SDM rendah dapat bersaing, untuk itulah penguasaan IPTEK sangat penting sekali untuk dikuasai.
Selain itu, tidak dipungkiri globalisasi telah menimbulkan pergeseran nilai dalam kehidupan masyarakat di masa kini akibat pengaruh negatif dari globalisasi.
3.      Aspek Sosial Budaya.
Globalisasi juga menyentuh pada hal-hal yang mendasar pada kehidupan manusia, antara lain adalah masalah Hak Asasi Manusia (HAM), melestarikan lingkungan hidup serta berbagai hal yang menjanjikan kemudahan hidup yang lebih nyaman, efisien dan security pribadi yang menjangkau masa depan, karena didukung oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dampak yang timbul diakibatkannya ikatan-ikatan tradisional yang kaku, atau dianggap tidak atau kurang logis dan membosankan. Akibat nyata yang timbul adalah timbulnya fenomena-fenomena paradoksal yang muaranya cenderung dapat menggeser paham kebangsaan/nasionalisme. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya tanggapan masyarakat atas kasus-kasus yang terjadi dinilai dengan didasarkan norma-norma kemanusiaan atau norma-norma sosial yang berlaku secara umum.
d.      Kurangnya kesadaran diri dan tanggung jawab
Kesadarian dan tanggung jawab merupakan bagian penting dalam tata kehidupan sosial kemasyarakatan maupun dalam berbangsa dan bernegara. Kesadaran ini merupakan strata tertinggi dari moralitas kemanusiaan dalam kehidupan bersama sebagainya mahkluk sosial. Jika kesadaran dan tanggung jawab masih rendah maka perkembangan ekonomi juga tidak akan bisa seperti yang diharapkan.
e.       Tingkat kejujuran masih rendah
Setiap perbuatan harus dilandasi dengan sikap kejujuran karena tanpa kejujuran setiap tujuan kegiatan tidak akan tercapai seperti yang sudah direncanakan.


2.       Tingkat teknologi dan inovasi
a.       Perkembangan teknologi yang lambat
Pertumbuhan teknologi di Indonesia masih sangat lambat karena investasi untuk pembangunan infrastrukturnya masih minim, jadi teknologi di Indonesia masih tertinggal dengan negara lain.
b.      Ketergantungan dengan negara lain
Negara Indonesia masih sangat bergantung dengan negara lain.

3.       Modal
a.      Krisis Nilai Tukar
Krisis mata uang yang telah mengguncang Negara-negara Asia pada awal tahun 1997, akhirnya menerpa perekonomian Indonesia sampai sekarang. Nilai tukar rupiah yang semula dikaitkan dengan dolar AS secara tetap mulai diguncang spekulan yang menyebabkan keguncangan pada perekonomian yang juga sangat tergantung pada pinjaman luar negeri sektor swasta.
b.      Permasalahan harga jual
Harga jual yang tidak stabil menyebabkan harga jual yang melambung tinggi. Harga jual yang tinggi menyebabkan penurunan daya beli masyarakat. Harga jual yang tidak stabil mempengaruhi perekonomin.
c.       Tidak stabilnya nilai mata uang
Nilai mata uang rupiah sering kali mengalami penurunan yeng sering terjadi dengan krisis moneter. Nilai mata uang tiap tahun berbeda niainya. Nilai mata uang sepuluh ribu sekarang besar, setelah 10 tahun kemudian nilai mata uang sepuluh ribu sama dengan nilai mata uang seribu sepuluh tahun yang akan mendatang.
d.      Sulitnya mendapatkan pinjaman
            Bagi masyarakat golongan rendah sulit untuk mendapatkan pinjaman, karena adanya kurang kepercayaan apakah dapat membayar atau tidak.
4.       Pasar bebas
Pasar bebas adalah sebuah konsep ekonomi yang mengacu kepada Harmonized Commodity Description and Coding System (HS) dengan ketentuan dari World Customs Organization yang berpusat di Brussels, Belgium. Penjualan produk antar negara tanpa pajak ekspor-impor atau hambatan perdagangan lainnya. Pasar bebas dapat juga didefinisikan sebagai tidak adanya hambatan buatan (hambatan yang diterapkan pemerintah) dalam perdagangan antar individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda.


D.    Solusi dalam Penerapan Sistem Ekonomi Kerakyatan
1.      SDM
a.       kesadaran dari masing-masing orang sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah ini. Pemerinth juga menukungnya dengan diadakannya beasiswa bagi anak-anak yang lebih beruntung.
b.      Tingkat kesadaran orang tua sangat diperlukan untuk mengatasi masalah ini. Dimana mereka harus sadar agar anaknya nanti hidup layak sehat dll. Pemerintah memberikan pengobatan gratis untuk masyarakat kurang mampu.

2.      Teknologi
Pemerintah seharusnya memperhatikan penyebaran listrik tersebut. Sehingga listrik tersebut merata ke seluruh pelosok desa.

3.      Modal
a.       Cara mengatasinya melalui peningkatan kualitas SDM atau peningkatan investasi menjadi lebih produktif
b.      Pemerintah menghadapi krisis nilai tukar ini dengan melakukan intervensi di pasar untuk menyelamatkan cadangan devisa yang semakin menyusut. Pemerintah menerapkan kebijakan nilai tukar yang mengambang bebas sebagai pengganti kebijakan nilai tukar yang mengambang terkendali.
c.       Masalah likuiditas daripada bank tersebut peerintah membantu dengan memberikan bantuan

4.      Pasar Bebas
Pemerintah harus memperbaiki kualitas barang dalam negeri agar tidak kalah bersaing dengan barang impor.






Sesi ke 1
1.      Faktor apa yang paling berpengaruh dalam ekonomi kerakyatan?
2.      Dalam solusi teknologi berikan contoh lainnya!
3.      Dalam bagian investasi modal yang lebih produktif contohnya seperti apa?
4.      Peningkatan kualitas SDM itu seperti apa contohnya?

Sesi ke 2
1.      Perilaku yang menunjukkan ekonomi kerakyatan apa saja?
2.      Menurut kelompok anda sisitem ekonomi kerakyatan sudah berjalan baik atau belum?
3.      Bagaimana cara mengatasi peningkatan kwalitas produk dalam negeri?

Sesi ke 3
1.      Upaya apa agar Indonesia tidak tergantun negara lain
2.      Penguasaan iptek bagaimana yang kurang di Indonesia ?
3.      Apa hubungannya modal sama investasi dalam ekonomi kerakyatan?


Jawab :
Sesi 1

1.      Faktor yang paling berpengaruh dalam ekonomi kerkyatan adalah SDM, karena jika sdm yang dimiliki berkualitas maka faktor-faktor yang lain juga akan  bagus
2.      K
3.      K
4.      Dengan adanya program sekolah 9 tahun. Contoh yan lain seperti di bentuknya UKM (Unit Kegiatan Masyarakat) supaya masyarakat mempunyai keahlian dan bisa mengasah kahlian yaga sudah dia punyai.

Sesi 2
1.      D
2.      D
3.      D

Sesi 3
1.      Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas produk dalam negeri agar tidak tertinggal jauh dengan negara lain
2.      D
3.       







DAFTAR PUSTKA

Sumodiningrat, Gunawan (1989). “Dilema pererataan di tengah kemajuan Ekonomi di Indonesia”, catatan sampaikan pada diskusi panel ahli ekonomi KOMPAS ke-14, 1-2Juli, Jakarta.
Adelman, Irma dan Chynthia Taff Morris (1973), Economic Growth in Developing Countries, Stanford University Press, Stanford.
Biro Pusat Statistik (1987), Analisis Tingkat Kesejahteraan Penduduk dan Perkembangannya, Jakarta.
id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_bebas

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Materi Kuliah dengan judul Permasalahan Ekonomi Kerakyatan dan Faktor Penyebabnya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://rachmatbayufirdas.blogspot.com/2013/01/permasalahan-ekonomi-kerakyatan-dan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Thursday, January 3, 2013

1 Komentar untuk "Permasalahan Ekonomi Kerakyatan dan Faktor Penyebabnya"

  1. Aslamu alaikum wrb.
    nama saya sriwahyuni BASRI binti rahayua asal dari kota sidorjo surabaya.””saya seorang ibu yang memiliki 5 orang anak,”” 2 laki-laki- 3 perempuan
    saya sudah lama berpisah dengan suami saya.”””sekarang saya bekerja MADINA/ARAB,Sebagai seorang pembantu IBU RUMAH TANGG
    “””’’Dengan kondisi keluarga yang kuramg mampu / hanya megandalkan kemauan,””AKHIRNYA, “””saya memutuskan untuk menjalani kehidupan sebagai ibu rumah tangga dikota itu,,,Dan tidak terasah sudah hampir 3 –tahun saya bekerja dan menjalani pekerjaaa sebagai ibu rumah tannga.,””dengan gaji yang cukup untuk kebutuhan anak –anak dikampumg,”sayatetap bertahan walaupun sedikit pekerjaan disana cukup melelahkan,””tetapi saya tetap terus bertahan demi kebutuhan anak-anakku.......
    “”jujur yang sagat berat dalam fikiranku adalah anak-anaku,/ kerinduan untuk berkupul degan kelurga,(mereka)””saya berankat kearab
    MADINA,/ pada tgl 27 nopember pada akhir tahun 2011/ dengan kontrak 5 tahun””dan saya hanya mengharapkan ibu untuk menjaga anak –anak dikampung,,rasah kangen dengan keluarga sangat sangatla berat bagi seorang ibu yang jauh dari anak anak seperti saya,,
    Pda tgl 27 6 2016 bulan kemaren, saya menghubungi anak anak sekaligus rencana untuk mengirimkan uang bulanan untuk mereka,sekaligus mengobati rasa kagen ,rindu dengan mereka.””Anak-anak pun juga sagat bahagia “”DAN tidak sengaja pun saya menayakan seoraNG SAHABAT,””dia juga salah TKW yang bekerja dikuala lumpur malaysia,,NENG RATIDIA juga bersal dari sidorjo ,Dan anak mengatakan bahwa dia sudah lama disidorjo dengan kehidupan yang cukup lumayan,,””aku heran dan sangat penasaran ,,aku berfikir dengan waktu yang singkat hanya waktu 2 tahun di kula lumpur dia sudah bisah pulang dengan kehidupan yang cukup lumayan,,pembicaraannku dengan anak anak masih saja terus berlanjut,”” tetapi yang terfikirkan dalam diriku perubahaan kehidupan yang dimiliki oleh seorang sahabat itu.akhirnya saya menghubungi sahabat itu,, dalam fikiranku jika pekerjaan disana jauh lebih baik, aku memutuskan untuk pulang keindonesia ,,
    Peckapan pun terjalin “”kejujuran sahabat itu membuat aku tidak pecaya dengan dengan apa yang dialami.,,””ternyata proses perubahan yang dia alami dalam kehidupannya diawali dengan keberuntuganya dengan bermain anka togel,,””sungguh tidak masuk akal,kemenagan yang diraih dengan anka ghoib anka pemberian dari seseorang eyang guru MBAH MOLOYEKTI,,akhirnya saya pun mencoba dan ingin membuktikan kebenaran dari kejujuran NENG RADITIA tentang eyang itu,”’’, dengan puji syukur tuhan yang maha esa ,ternyata benar adanya,,Anka goib hasil ritualisasi ,ritual pemberian MBAH MOLOYEKTI , 0357 MALAYSIA saya menangkan 500 lembar ,,dan melalui kemenagan itu sekarang saya sudah berda di indonesia berkumpul dengan keluarga,,dan sudah membuka sebuah restoran makanan has sidorjo di jl.mojopahit no 144.bulusidokare sidoarjo.
    “”dengan ini saya bekomentar dengan fakta dan kebenaran tentangi kebahagiaan dari keluarga saya ,,sekaligus ingin berbarbagi kebahagiaan dengan para sahabat dimanapun berada,,””saya sutimin binti rahayu ,”””,saya bersumpah dengan nama tuhan yang maha kuasa”””dengan kebahagiaan keluarga saya”””saya tidak bebicara ,, muluk –muluk,,jika ingin mendapatkan Angka ghoib yang benar benar tembus””keberuntugan anda ada pada angka ghoib hasil ritual MBAH MOLOYEKTI........silahkan bebicara langsung dengan beliau,,MBAH MOLOYEKTI,,085298865260/anka goiib jitu........
    Saya sutimin beserta anak anak mengucapkan banyak terimakasih......//jp slalau(hati hati yang megatas namakan dirinya Mbah moloyekti/mbah hanya memiliki 1 no handpone/ trims..............

    ReplyDelete